Apa Yang Membuat Acha Septriasa Tertarik Ikut Main di 'BARAKATI'?

Kapanlagi.com - Setelah sempat tertunda selama 2 tahun, akhirnya film BARAKATI yang dibintangi aktris Acha Septriasa ini siap untuk tayang. Memiliki hubungan dengan sejarah di Indonesia, Acha pun lalu mengungkapkan awal ketertarikannya hingga memutuskan untuk bermain di film ini.

 

"Penawaran untuk pemeran yang pantas selain casting, kalo sudah berpengalaman itu gak lewat casting. Pitching aja, nongkrong bareng, ngopi. Kenapa jatuh ke tangan saya, nggak tahu. Tapi saya rasa ketika kerja sama sama Monty Tiwa ada value of trust. Tiap gerakan bola mata dia aja saya tahu, (ini) yang tidak saya dapatkan dari sutradara lain. Bahasanya udah sama, satu frekuensi. Ada kenyamanan kerjasama sama Monty. Kalo pemain sudah dikasih kepercayaan kayak gitu, wah liar. Gak semua sutradara bisa diemin saya. Saya tambah didiemin, saya tambah liar," akunya saat ditemui di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2016).

 

Selain kenyamanan dan faktor kepercayaan yang dirasakan Acha dari tim produksi film BARAKATI, ada ketertarikan lain yang membuatnya sepakat untuk ikut ambil peran dalam film tersebut. Selain alur cerita yang unik, benang merah antara script dan sejarah asli jadi salah satu hal yang membuatnya yakin untuk mengambil peran di film BARAKATI.

"Ya karena liat script-nya dikerjain dengan benang merah. Mas Erik sebagai script-nya sangat mampu menuturkan latar belakangnya dengan baik. Kaitannya Laumae asal pulau Buton yang tinggal di Jawa orang tuanya nikah. Ibunya bangsawan harus menikah dengan orang bangsawan. Semunya diceritakan secara gamblang dan (ada) benang merahnya. Script-nya unik," lanjut Acha.

 

Di sisi lain, banyak hal menarik yang Acha rasakan selama mengikuti proses penggarapan film ini. Tak hanya sekedar mempelajari budaya dan sejarah saja, ia juga ikut belajar menyelam sampai mencoba bahasa warga setempat.

 

"Iya belajar sejarah.  Buat saya ini spesial. Pada saat riset pemainnya diajak pemikiran baru, script ini mau dibawa ke mana. Kesinambungan karaker dari scene selanjutnya. Semuanya saling membantu. (Tantangan) Menyelam, karakter (aku) sebagai penyelam. Menyelam di kedalaman 20 meter. Ini (salah) satu petualangan yang sangat luar biasa. (Kalau bahasa aku) Dikasih tahu logatnya," pungkas Acha.